Download this Blogger Template by Clicking Here!

Saya Tidak Bisa Menemukan Blog Saya di Web?

sumber

Lagi-lagi dapat teriakan kepanikan di Facebook. Kali ini dari mbak Puteri yang mengatakan jika blognya mendadak dihapus oleh blogger. Masalah yang sepertinya sama dialami oleh bu guru kecil Chela 2 hari yang lalu. Sebenarnya masalah seperti ini sering terjadi pada dulur-dulur blogger, dan seringkali pula saya diminta tolong untuk memberi solusi. Masalah yang sebenarnya mudah, tapi terkesan ruwet karena terlanjur panik hahaha.

Sepanjang pengalaman saya saat membantu dulur-dulur blogger yang mengalami masalah di atas, ada tiga kemungkinan yang biasanya terjadi. Pertama, Google mendeteksi adanya perilaku tak lazim pada akun blog anda. Yah, mungkin saja gagal berkali-kali memasukkan password atau mungkin dicurigai mencoba meretas akun blog anda sendiri. Yang kedua, biasanya hanya semacam prosedur keamanan rutin Google yang ingin memastikan jika anda benar pemilik akun tersebut. Yang ketiga, Google sendiri yang salah sistem haha.

Untuk masalah mbak Puteri, saya hanya menggunakan cara seperti biasanya, yaitu meminta semacam kode verifikasi ulang pada pihak Google. Memasukkan nomer hape, lalu memilih salah satu dari dua metode pengiriman kode, yaitu Text Messages atau Voice Call. Kode itulah yang nantinya kita masukkan untuk diverifikasi. Nah, sampai disini biasanya masalah bisa tuntas alias blog bisa kembali diakses. Tapi, kali ini justru membuat saya ikutan panik. Yah, kode verifikasi tersebut tak berfungsi digunakan.

Akhirnya saya pun melakukan komunikasi dengan Google dengan menautkan alamat email saya.  Memberitahu sekaligus mempertanyaan kesalahan yang terjadi pada blog mbak Puteri. Saya haqul yakin jika mbak Puteri adalah blogger baik-baik. Mbak Puteri bukan blogger spammer dan konten blognya juga tak terisi dengan hal-hal yang disarukan Google, macam judi, konten copas plek dan uhuk-uhuk.

Alhamdulillah, tak berapa lama ada jawaban di email saya. Mengatakan jika masalah bisa diperbaiki. Sayang, lagi-lagi masalah terjadi. Email dan akun blogspot bisa digunakan, tapi blog utama hilang !

Untuk kedua kalinya sayapun menghubungi Google mempertanyakan blog yang hilang tersebut. Syukurlah tak seberapa kemudian, dua blog mbak Puteri yang raib entah kemana, sekarang sudah terdeteksi lagi radar dunia maya hehe.

Dulur blogger, ada beberapa hal yang mungkin harus kita lakukan saat mengalami masalah macam mbak Puteri.
  •     Jangan panik
Rasa panik membuat kita tak tenang saat menghadapi masalah. Panik membuat kita sulit menemukan solusi, padahal bisa jadi solusi itu kadang sederhana saja, macam memasukkan kode verifikasi saat blog kita hilang.
  • Selalu ada di jalur kanan
Kita tahu jika Google membuat semacam aturan main pada blog kita. Patuhi aturan main itu. Berkreasilah sebebasnya tapi jangan kebablasan. Jangan gunakan blog anda sebagai salah satu jalan menuju ke neraka, tapi sebaliknya blog itu menjadi semacam investasi pahala bagi kita. Insya Allah, Google tak akan macam-macam  sepanjang blog kita tak nyleneh isinya.
  • Jalin komunikasi
Sekalipun Google merupakan raja dunia maya, tapi itu bukan berarti tanpa cacat dan cela. Google bukan Tuhan dan pasti punya kesalahan. Nah, jika kesalahan terjadi pada mereka macam kasus mbak Puteri. Cobalah gunakan komunikasi yang baik dengan mereka. Keluhkan segala kesalahan dengan cara wajar. Insya Allah, mereka akan menanggapi dan memberi solusi.
  • Sedia payung sebelum hujan
Bagi seorang blogger memiliki blog itu semacam benda kesayangan. Pun demikian dengan saya, mungkin akan setengah gila jika blog saya tiba-tiba hilang dari dunia maya. Tapi, satu hal yang harus kita cermati, jika Google adalah sebuah perusahaan yang tak bisa lepas dari kebangkrutan. Jadi mungkin dari sekarang kita bersiap menyelamatkan karya-karya kita. Membackup secara berkala data blog kita, baik dengan cara ekspor data atau cara manual macam menyalin di draft word. Dengan tujuan jika di kemudian hari ada hal yang tak dinginkan terjadi, kita pun masih bisa menyelamatkan harta digital kita.

Nah dulur blogger, ada yang punya pengalaman blognya hilang?