Download this Blogger Template by Clicking Here!

Kelebihan dan Kekurangan Memperpendek Link (Short URL)


Apa itu short links? Short link adalah penyedia layanan untuk memperpendek link agar terlihat ringkas dan tidak menampakkan langsung alamat URL  yang kita bagikan. Misal saya ingin memperpendek link di bawah ini.

http://essiptv.blogspot.com/2014/09/dmc-tv-streaming-online.html
Lalu setelah diperpendek dengan menggunakan short link dari Google menjadi seperti ini.
http://goo.gl/Ztppw5
Haslinya terlihat lebih ringkas, menyembunyikan link asli dan sama-sama menuju ke link yang bersangkutan.

Di dunia maya ada banyak penyedia untuk memperpendek link. Ada pula beberapa diantaranya yang menawarkan recehan dollar apabila kita memakainya, macam Adf.ly, Sh.st dan banyak lagi yang lainnya. Nah sekarang kita akan sedikit membahas tentang kelebihan dan kekurangan memperpendek link, baik short link biasa ataupun membayar berdasarkan pengamatan saya.

Kelebihan
  • Terlihat pendek, ringkas dan lebih rapi
Judul posting yang panjang  akan membuat link juga menjadi panjang. Nah, bagi beberapa orang link tersebut terlihat kurang sedap dipandang. Dengan diperpendek, link akan terlihat lebih ringkas, rapi dan sedap dipandang.

  • Bisa menyamarkan link asli
Kelebihan yang satu ini pas banget buat para pencari refferal di dunia maya. Dengan memperpendek link, otomatis orang tidak mengetahui jika link yang dibagikan itu adalah link refferal.

  • Bisa dimodifikasi sesuai keinginan
Beberapa penyedia short URL juga menyediakan fitur yang membolehkan anda memodifikasi link yang diperpendek sesuai keinginan. Contoh : http://bit.do/DMC-TV

  • Bisa dipantau trafiknya
Selain bisa dimodifikasi, ada pula beberapa penyedia short link dengan fitur status trafik pada link yang sudah diperpendek. Di situ kita bisa memantau berapa jumlah klik, sumber kunjungan dan asal negara dari link yang sudah kita pendekkan tadi.

  • Ladang untuk mencari uang
Beberapa penyedia menawarkan recehan apabila kita memakai layanan short link mereka. Tentunya dengan kompensasi link yang kita perpendek tadi ditumpangi iklan mereka. Nah, dari iklan inilah kita bisa mendapat uang apabila ada seseorang yang mengklik link kita. Masing-masing short link memiliki nilai klik yang variatif, juga tergantung negara asal pengklik link kita.

Ada kelebihan tentu ada pula kekurangannya. Pun demikian dengan short link, tentunya ada pula kekurangannya. Nah, berikut beberapa kekurangan dari memperpendek menggunakan short link menurut saya.

Kekurangan
  • Calon pengunjung enggan untuk mengklik link kita
Link yang sudah diperpendek mungkin akan terlihat ringkas dan rapi, tapi ada pula beberapa orang yang malah menjadi enggan mengklik link tersebut. Alasannya, mereka merasa takut link tersebut cuma berisi link palsu, refferal, link berisi virus dan jebakan-jebakan betmen lainnya. Ada pula yang beranggapan jika link tersebut cuma berisi iklan.

  • Nama blog kita sulit dihapal
Dengan menyamarkan link asli kita itu berarti kita kehilangan kesempatan orang lain untuk menghapal nama blog kita. Disinilah pentingnya memilih nama blog yang mudah dieja dan hapal, agar saat kita bagikan link tersebut secara asli akan membuat orang lain mudah mengingatnya.

  • Rawan jebakan dan penipuan
Sebab disamarkan tentu akan membuat orang akan kesulitan mengetahui link asli. Nah, hal inilah yang kadang dimanfaatkan oleh seseorang untuk membuat jebakan atau penipuan. Biasanya mereka menggunakan short link yang membayar. Memasangnya dengan cara spam di forum, jejaring sosial atau blog. Bahkan kadang isinya tak sesuai dengan keterangan, sebab empunya link cuma mengharap recehan yang dihasilkan dari klik orang.

  • Terkesan  tidak tulus berbagi
Ada anggapan jika seseorang yang membagikan short link membayar itu tidak tulus dalam berbagi. Meski menurut saya semua itu sah-sah saja dilakukan, sepanjang short link tersebut benar-benar berisi link yang diharapkan calon pengunjung.

  • Membuat kesal calon pengunjung
Dengan memakai short link membayar, otomatis akan membuat akses menuju blog kita tertahan sekian detik untuk menampilkan iklan dari penyedia short link tersebut. Nah, disinilah kadang calon pengunjung kesal karena merasa ribet dan dipermainkan oleh link tersebut. Sekali lagi kejujuran dengan  memberi link yang benar patut kita perhatikan. Supaya kita tak terkena sumpah serapah dunia akhirat dari para pengunjung yang kesal hahaha.

  • Resiko gagal atau rusak link
Tidak semua penyedia short link berumur lama. Kadang ada pula yang ketika diakses menjadi lemot gara-gara down server. Resikonya? short link kita tentu akan sulit diakses menuju link tujuan, atau jika penyedia short link sudah buyar, tamat pula riwayat link kita. Jadi, sayang kan jika investasi link yang sudah kita tanam jadi hangus?


Nah, itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan memperpendek link baik menggunakan short link biasa ataupun membayar. Soal selera kembali kepada pilihan masing-masing. Saran saya gunakan penyedia short link yang benar-benar bonafid dan tahan lama, macam goo.gl, bit.ly dan lain sebagainya. Juga bijaksanalah di saat menggunakan short link membayar. Tidak menyamarkan link palsu dan melakukan spam membabi buta di rumah tetangga. Agar di setiap sen yang kita terima akan menjadi berkah tentunya.

Monggo jika ada yang menambah atau mengurangi, kita ngobrol santai di kotak komentar.